Cara Memilih Agen Perjalanan Umroh dan Haji

– Situasi dan Waktu Umroh

Biaya Umroh akan sangat besar jika kita melaksanakannya disaat musim liburan, menjelang musim haji atau menjelang Ramadhan atau saat kurs rupiah melemah .

– Peminat umroh yang tinggi saat itu.

Persaingan antar maskapai penerbangan dan hotel
Harga paket umroh akan menjadi lebih murah disaat Anda menentukan pada bulan sebelum Ramadhan atau low seasean.

– Usia Travel

Lanjut usia terkadang akan membuat kekhawatiran terhadap jamaah itu sendiri dan keluarga yang ditinggalkannya dimana aktifitas ibadah umroh atau haji adalah aktifitas fisik. Apalagi harus menunggu 5 – 13 tahun untuk berangkat haji reguler dan 5 tahun untuk haji plus. karena fakta diatas, kadang membuat jamaah yang sudah lanjut usia memilih ibadah umroh dahulu sambil kesempatan untuk ibadah haji datang. Ibadah umroh yang lebih mudah pengurusannya dan juga waktu saat ibadah umroh yang relatif lebih pendek dibandingkan ibadah haji.

1. Legalitas
– Surat Izin Usaha Biro Perjalanan Umum
– Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
– Tanda Daftar Perusahaan
– NPWP Perusahaan
– Surat Keterangan Domisili Perusahaan
– SK Menkeh. Akta Pendirian Perusahaan
– SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Umroh
– Sertifikat Anggota Asita
Legalitas yang jelas adalah syarat mutlak, karena hal itu adalah menyangkut kredibiltas dan tanggung-jawab sebagai penyelenggara terhadap pelayanan para jamaah sejak saat berangkat sampai berada di Tanah suci sampai kembali dengan selamat ke Tanah Air.

Cukup banyak Tour Dan Travel atau Biro penyelenggara Umroh dan Haji plus abal-abal(palsu) yang tidak memiliki ijin resmi dan melayani pendaftaran umroh dan haji plus

Cek lokasi keberadaan Tour Dan Travel atau Biro Penyelenggara Perjalanan Umroh Dan Haji Plus adalah ”wajib” Anda lakukan untuk lebih meyakinkan dengan melihat langsung ”aktifitas kegiatan perusahaan” termasuk ”aktifitas pendaftaran calon jamaah” Bila kantor perusahaan yang anda pilih jauh dari tempat tinggal anda, anda bisa meminta bantuan ‘saudara’ atau ‘kerabat’ yang dekat dengan lokasi perusahaan tersebut, sebagai wakil Anda.

2. Track Record Perusahaan Travel
Tahun berapa travel itu berdiri : Semakin lama perusahaan tersebut berdiri, berarti perusahaan tersebut telah memiliki pengalaman yang cukup matang sebagai penyelenggara perjalanan umroh.

Berapakali memberangkatkan Jamaah : Semakin sering atau rutin perusahaan tersebut memiliki jadwal pemberangkatan jamaah berarti perusahaan memiliki kredibilitas dan kerjasama yang baik dengan instansi instansi terkait :

Departemen Imigrasi untuk urusan Pasport dan Visa,
Departemen Kesehatan untuk urusan vaksin manginitis, Maskapai Penerbangan, Hotel, Catering, Transportasi dll untuk memback-up jadwal pemberangkatan yang pasti
Berapa jamaah yang sudah diberangkatkan : Semakin banyak jumlah jamaah yang berangkat, berarti tingkat kepercayaan jamaah pada perusahaan tersebut sudah sangat baik.

3. Harga Umroh/haji
Harga Umroh Murah adalah Godaan yang tidak perlu menjadi Pilihan. Standart harga Travel atau Biro Penyelenggara Umroh pada umumnya sama rata rata dengan kurs dollar saat itu Jika harga yang ditawarkan ”lebih murah” dari pada harga pada umumnya, bisa jadi ada komponen biaya yang dikurangi antara lain :

Akomodasi Pesawat yang digunakan
Hotel tempat menginap
Sarana transportasi atau bus yang digunakan
Menu Catering yang disediakan
Tempat2 wisata ziarah atau ibadah yang dikunjungi
Pelayanan muttowif atau pembimbing ibadah di Tanah Suci
Disarankan untuk jangan langsung percaya, dari pada mengejar harga ”murah” bisa berakibat anda terlantar disana dan waktu ibadah anda menjadi tidak khusyuk hanya karena tidak nyaman Atau bahkan yang lebih beresiko lagi adalah gagal berangkat .

4. Fasilitas
Sebelum Anda memutuskan berangkat dengan suatu Travel atau Biro Penyelenggara Perjalanan Umroh, yang harus diperhatikan adalah berbagai failitas yang Anda dapatkan , antara lain :

Total Biaya atau Harga yang pasti (fixed di indonesia)
Biaya lain yang menjadi tanggungan jamaah (Handling Airport Tax, Visa dan Vaksin)
Hotel bintang berapa dan berapa jarak dari hotel tersebut ketempat ibadah (Masjid Nabawi dan Majidil haram)
Pesawat apa yang digunakan (Langsung Jeddah atau Transit terlebih dahulu)
Jadwal Manasik sebelum pemberangkatan
Perlengkapan Umroh yang didapat (Travel bag, kain ihrom, mukena, seragam, buku petunjuk manasik, ID Card dll)
Jaminan Asuransi Jiwa dan Kecelakaan
Kemudahan cara pembayaran atau pelunasan
Dan lain lain

5. Transfer Dana
Segala jenis transaksi pembayaran, hendaknya semua dilakukan dengan sistem transaksi pembayaran melalui jasa perbankan (transfer atau debit rekening) atau Anda melakukan pembayaran secara tunai dikantor hendaknya dilakukan langsung pada kasir perusahaan dengan mendapatkan bukti pembayaran berupa Invoice Pembayaran dengan cap perusahaan.

Jika Anda lakukan dengan Transfer, dana transfer langsung ke rekening atas nama perusahaan hindari pembayaran ke rekening atas nama pribadi walaupun ”yang bersangkutan” adalah penangung jawab perusahaan tersebut.

Judul : Cara Memilih Agen Perjalanan Umroh dan Haji

Masyarakat Agar Waspadai Penyelenggara Umrah Tanpa Izin
Fatwa MUI Tentang Penjualan Berjenjang Syariah Perjalanan Umrah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *