Daftar Perlengkapan Umroh Pria dan Wanita yang Harus Dipersiapkan

Daftar Perlengkapan Umroh Pria dan Wanita yang Harus Dipersiapkan

Mempersiapkan diri untuk beribadah umroh dengan sebaik-baiknya secara fisik maupun rohani juga yang tak kalah pentingnya adalah mempersiapkan perlengkapan umroh yang perlu dibawa bila saatnya tiba. Pada prinsipnya segala perlengkapan yang dibawa itu bermanfaat dan berfungsi dengan baik.

Perlengkapan umroh regular akan sedikit berbeda dengan perlengkapan umroh plus wisata ke Negara-negara Islam lainnya seperti Turki, Dubai, Aqso dll karena adanya aktifitas tambahan tour muslim. Tentu membutuhkan perencanaan yang matang agar perjalanan kita terasa nyaman, dan tidak dipusingkan dengan banyak barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan apalagi sampai harus membayar biaya kelebihan barang atau overweight yang seharusnya sudah dapat dihindari dari awal.

Perlengkapan Umroh yang Harus Dibawa Saat Beribadah Umroh

Ada beberapa tips khusus untuk Anda yang akan menunaikan ibadah umroh agar terhindar dari kelebihan beban. Tips ini dapat anda gunakan  untuk merencanakan perlengkapan umroh apa saja yang harus dibawa saat beribadah umroh.

Perhatikan Musim/Cuaca Di Bulan Anda Umroh

Dengan mengetahui jenis musim dingin atau panas, Anda dapat terhindar membawa perlengkapan umroh yang tidak perlu dibawa yang dapat menyebabkan kelebihan begasi sehingga Anda harus membayar biaya kelebihan tersebut. Jangan sampai Anda membawa jaket tebal saat musim panas, atau sebaliknya, Anda tidak membawa jaket saat musim dingin. Sediakan juga ruang untuk tempat oleh-oleh yang akan Anda bawa pulang untuk keluarga di rumah. Serta perhatikan juga durasi waktu ibadah umroh, apakah 9 hari, atau 12 hari, atau bahkan lebih.

Informasi cuaca dapat lihat di accuweather

Perlengkapan Umroh yang Langsung Dipakai atau Anda Bawa

a. Sandal / sepatu yang terasa nyaman dipakainya, jalan merupakan aktifitas yang akan banyak kita temui disana hingga pastikan alas kaki yang digunakan tetap terasa nyaman digunakan saat menuju atau pulang ke/dari Tanah Suci
b. Tas Pinggang atau Tas Selempang, untuk menjaga keamanan barang-barang milik Anda seperti untuk menyimpan paspor, dompet, uang, handphone dan kamera pocket bila Anda ingin membawanya.
c. Telepon Genggam atau Gadget, pastikan roaming telpon maupun data sudah diaktifkan untuk dapat berkomunikasi maupun kebutuhan koneksi internet dengan lancar dengan keluarga/kerabat di tanah air

Perlengkapan Umroh yang Masuk Bagasi dan Diperlukan Saat Tiba di Tanah Suci  (Baik Pria Maupun Wanita)

Perlengkapan Umroh untuk Laki-laki

a. Kain Ihram 1 set. Boleh membawa lagi 1 set sebagai antisipasi bila yang satunya terkena najis atau kotoran.
b. Sandal dan Tas Plastik untuk Menyimpan Sandal di dalam Masjid. Model sandal untuk ibadah umroh dapat Anda sesuaikan sendiri asalkan nyaman. Hindari jenis sandal yang menutupi mata kaki. Pada saat thawaf dan sa’i, Anda tidak diperkenankan mengenakan sandal, kecuali perempuan dapat menggunakan kaus kaki.
c. Sabuk Haji yang Ada Dompetnya. Walaupun bukan sesuatu yang wajib sabuk haji dimaksudkan untuk mengikat kain ihram dan bisa digunakan untuk menyimpan uang
d. Kacamata Hitam. Biasanya akan diperlukan pada saat city tour, untuk membantu meredam silaunya cahaya mataharisaat siang hari.
e. Baju Koko dan/atau Baju Batik. Lebih disarankan berwarna putih/warna lembut untuk dikenakan saat ke masjid atau berziarah/tour. Bawa secukupnya sesuai dengan jumlah hari Anda berkunjung.
f. Celana lebih disarankan berbahan Kain. Celana kain akan membuat bagasi tempat menyimpan perlengkapan umroh Anda lebih ringkas dibandingkan celana jeans karena ketebalannya (kecuali saat musim dingin di Tanah Suci. Selain itu cuaca di tanah suci cenderung panas sehingga mengenakan celana kain berbahan katun tentu lebih nyaman. Bawalah secukupnya sesuai jumlah hari jadwal umroh Anda. Bila hanya 9 atau 12 hari, cukup membawa 2 atau 3 potong celana saja. Atau sesuai kebiasaan dan kenyamanan Anda jika sebelumnya sudah pernah umroh dan/atau umroh plus tour muslim.
g. Pakaian untuk Tidur. Hal yang harus dipertimbangkan adalah dengan siapa Anda menginap di kamar hotel: apakah Anda berdua, bertiga, atau berempat. Juga apakah dalam satu kamar semuanya adalah keluarga Anda sendiri atau dengan keluarga lain. Jangan sampai mereka dan juga Anda tidak nyaman karena pakaian tidur yang dibawa tidak enak dipandang mata. Meski baju untuk tidur, namun harus tetap rapi, bersih, dan nyaman, sebagaimana perlengkapan umroh lainnya.
h. Sarung. Bila perlu, yang juga berfungsi sebagai selimut.
i. Pakaian Dalam. Secukupnya sesuai dengan jumlah hari umroh Anda.
j. Pelembab Kulit. Baik untuk wajah atau badan, untuk menghindari kulit yang kering. Anda juga dapat membawa sunblock bila jadwal keberangkatan Anda di musim panas.
k. Jaket atau Sweeter. Bila Anda berumroh di musim dingin.
l. Baju atau Jaket Tipis. Jika Anda berumroh di musim panas.
m. Bawalah Sajadah yang Tipis Saja. Karena seluruh areal masjid telah dilengkapi sajadah. Selain itu sajadah tipis juga dapat Anda gunakan sebagai pelindung kepala bila matahari bersinar terik atau cuaca panas.
n. Perlengkapan Mandi. Meski pihak hotel telah menyedikan namun bisa jadi jumlahnya terbatas. Untuk mengantisipasi, bawalah handuk, sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan shampo kemasan sachet atau kecil agar tidak memberatkan.
o. Kaus Kaki Tebal. Bila Anda tidak tahan dengan suhu dingin AC, Anda dapat membawa kaus kaki yang dapat Anda kenakan saat di masjid atau saat tidur di hotel. Simpan dengan rapih bersama dengan perlengkapan umroh Anda lainnya.
p. Perlengkapan Gadget. Jangan lupa untuk membawa charger dan colokan listrik karena bentuk stop kontak di Arab Saudi agak berbeda dengan stop kontak di negara kita.
q. Kamera Handphone vs Kamera Poket. Bila smartphone Anda  memiliki resolusi kamera yang cukup bagus, Anda tidak perlu membawa kamera poket, cukup bawalah microcard cadangan untuk mengantisipasi microcard yang terpasang di smartphone Anda kapasitasnya telah penuh sementara Anda tak bisa memindahkannya. Namun bila tidak, bawalah kamera pocket beserta baterai cadangan.
r. Obat-obatan. Anda juga perlu membawa obat-obatan pribadi untuk sakit ringan seperti obat batuk, flu, obat sakit perut, atau diare, balsem, minyak kayu putih, koyo dan lain-lain. Kemas dengan rapi dan mudah untuk dibawa di tempat perlengkapan umroh Anda yang kecil ukurannya.
s. Masker Mulut dan Hidung. Anda juga dapat membawa masker untuk menghindari debu atau bila Anda terkena flu agar tidak menulari jamaah lainnya.

Perlengkapan Umroh untuk Perempuan

Pada dasarnya perlengkapan umroh antara perempuan  dan laki-laki tidak banyak berbeda, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Asalkan baju umroh, pakaian, dan hijab yang Anda kenakan telah memenuhi syar’i, tidak memperlihatkan aurat, tidak terlalu tipis atau ketat. Berikut adalah perlengkapan umroh bagi perempuan:

a. Bergo seragam dari travel
b. Gamis / rok atau kulot lebar (disarankan berwarna putih/lembut)
c. Mukena atasan
d. Sandal dan Tas plastik untuk sandal bila ada atau plastik kresek untuk membungkus sandal ke dalam masjid. Pada saat thawaf dan sa’i, Anda tidak diperkenankan mengenakan sandal, kecuali perempuan dapat menggunakan kaus kaki.
e. Kacamata hitam bila diperlukan, dapat digunakan saat tour/ziarah karena suasana sinar matahari di siang hari sangat menyilaukan.
f. Pakaian tidur untuk di hotel, Anda dapat membawa kulot lebar dan tunik atau gamis.
g. Pakaian dalam secukupnya sesuai dengan hari yang Anda rencanakan. Bawa pula pembalut wanita secukupnya untuk berjaga-jaga bila Anda mengalami haid sesudah ibadah umroh atau panty liners untuk mengurangi kelembapan. Simpan dengan baik di tempat perlengkapan umroh Anda yang penting lainnya.
h. Kacamata sehari-hari untuk membantu penglihatan baik jarak dekat atau jauh (jika ada).
i. Pelembab/handbody untuk menghindari kulit kering dan bersisik, Anda juga dapat membawa sunblock.
j. Sweater/jaket terutama bila anda berumroh pada saat musim dingin, atau ketika sholat  di Masjid Nabawi yang menggunakan pendingin udara/AC namun Anda belum terbiasa.
k. Sajadah bawa yang tipis saja sebab seluruh areal masjid telah dilengkapi sajadah. Sajadah tipis tersebut juga dapat Anda gunakan sebagai pelindung kepala dari terik matahari.
l. Perlengkapan mandi. Meski pihak hotel telah menyedikan namun bisa jadi jumlahnya terbatas, untuk mengantisipasi, bawalah handuk, sabun, sikat gigi, odol, dan shampo kemasan saset atau kecil agar tidak memberatkan.
m. Kaos kaki tebal, bila Anda tidak tahan dengan udara musim dingin atau AC selama di hotel, masjid, atau dapat Anda gunakan saat sa’i.
n. Charger handphone beserta colokannya
o. Kamera pocket dan baterai cadangan
p. Obat-obatan pribadi (obat batuk/flu, obat sakit perut/diare, balsem, minyak kayu putih, koyo untuk kaki pegal, dll).
q. Masker penutup muka.

Perlengkapan Umroh yang Anda Harus Bawa di Kabin Pesawat (Tas Kecil atau Ransel)

Selain tas pinggang, Anda juga perlu membawa tas jinjing kecil atau ransel untuk membawa barang-barang yang diperlukan saat di dalam pesawat atau ketika turun dari pesawat nanti di bandara di Jeddah. Berikut ini adalah barang-barang yang dapat Anda bawa selama di pesawat.

1. Buku do’a / Al Quran yang dapat Anda baca selama perjalanan
2. Handphone / tablet / laptop / kamera, pastikan dalam kondisi mati selama berada di dalam pesawat.
3. Dompet berisi uang tunai secukupnya. Perkirakan juga pengeluaran apa saja yang perlu, selain untuk membeli oleh-oleh, dana darurat dan lain-lain
4. Peralatan  shalat
5. Makanan ringan secukupnya
6. Obat-obatan pribadi secukupnya. Perjalanan anda hanya beberapa jam saja di atas pesawat, jadi bawalah yang perlu saja, sisanya dapat Anda masukkan di dalam bagasi. Biasanya di pesawat bila Anda berangkat malam hari, Anda akan memerlukan minyak kayu putih yang dapat menghangatkan tubuh dari dinginnya AC pesawat.
7. Minuman saat menunggu di bandara. Perlu anda ketahui bahwa cairan lebih dari 100 ml tidak boleh dibawa saat penerbangan dari Indonesia ke Jeddah, jadi bawalah air minum secukupnya.
8. Perlengkapan mandi dalam jumlah kecil seperti sabun cair, sikat gigi, dan pasta gigi.

Cara Packing Perlengkapan Umroh

Anda telah membuat checklist barang apa saja yang akan dibawa, namun Anda masih bingung karena merasa barang bawaan Anda terlalu banyak dan membutuhkan berapa banyak tas.

Anda harus membagi barang-barang tersebut ke dalam kelompok sesuai kebutuhan. Mana barang yang akan Anda gunakan saat perjalanan terutama bila pesawat Anda membutuhkan transit meski hanya beberapa jam, mana barang yang hanya Anda butuhkan pada saat tiba dan selama di Tanah Suci, dan mana barang yang hanya dibutuhkan saat pelaksanaan ibadah umroh di Tanah Suci. Dengan mengetahui pengelompokkan barang berdasarkan fungsi dan waktu penggunaan, maka Anda dapat menentukan berapa tas yang Anda butuhkan.

Untuk barang-barang yang Anda butuhkan selama perjalanan, masukkan ke dalamtravelling bag kecil atau ransel yang dapat dibawa masuk ke dalam pesawat. Bawa perlengkapan membersihkan diri seperti sabun muka, pasta gigi dan sikat, handuk kecil, pakaian dalam bila perlu secukupnya saja untuk berganti dan perlengkapan sholat ke dalam tas ransel atau travelling bag kecil tersebut. Paspor dan dompet dapat Anda letakkan di tas pinggang agar mudah pada saat pemeriksaan dan Anda tidak perlu membongkar isi tas ransel atau travelling bag Anda saat pemeriksaan di imigrasi. Bagi jamaah perempuan yang mungkin kurang nyaman memakai tas pinggang dapat membawasling bag atau tas cangklong yang berukuran tidak terlalu besar, cukup untuk tempat dompet dan paspor. Tidak perlu yang bagus atau mahal, asal cukup kuat dan aman seperti contoh di bawah ini.

Sisa barang lainnya yang tidak Anda perlukan selama perjalanan, masukkan ke dalam koper dan akan masuk ke bagasi pesawat.

Bila Anda perlu membawa pisau untuk mengupas buah, silet untuk bercukur atau alat pemotong kuku, masukkan alat-alat tersebut ke dalam bagasi karena Anda tidak diperkenankan membawanya masuk ke dalam pesawat.

Barang cair seperti parfum, shampoo, pasta gigi, sabun cair dan minyak rambut dengan ukuran lebih dari 100 ml, juga harus dimasukkan ke dalam bagasi.

Untuk setiap kelebihan bagasi, biasanya lebih dari 20 kilogram, maka Anda diharuskan membayar Rp 15.000/kilogram, biasanya kelebihan bagasi ini terjadi pada saat Anda akan kembali ke Tanah Air karena terlalu banyak membawa oleh-oleh untuk kerabat, karena itu siapkan dana khusus untuk membayar kelebihan bagasi ini, atau kurangi membeli oleh-oleh yang bisa dibeli di Tanah Air.

Bagaimana Antisipasi Tertukarnya atau Hilangnya Perlengkapan Umroh?
Sebagai tambahan, untuk menghindari tertukarnya tas atau kehilangan:

1. Lengkapi tas dengan identitas diri seperti nama/alamat/nomer telepon.
2. Letakkan ID tag  yang diberi tali lalu diikatkan pada tas.
3. Tambahkan ciri khusus pada tas Anda seperti gantungan kunci pita atau tali berwarna cerah. Selain itu Anda juga dapat menggunakan tali ikat koper tambahan (luggage strap) yang dilengkapi kunci pengaman TSA.

Jika Anda berumroh bersama buah hati tercinta, lengkapi keperluan umroh Anda dengan kebutuhan di kecil. Silahkan lihat artikel Tips Berumroh Bersama Si Kecil

Bagaimana dan Dimana Membeli Perlengkapan Umroh?

Pada saat Anda akan membeli perlengkapan umroh, mungkin Anda akan berpikir membeli banyak sekali perlengkapan. Tambahan lagi, pihak biro travel biasanya juga mempersiapakan baju seragam dan name tag untuk mengenali jamaahnya. Karena itu sebelum berbelanja, Anda dapat bertanya terlebih dahulu kepada pihak biro travel tempat Anda mendaftar, apa saja yang dapat Anda peroleh sebagai bagian dari fasilitas yang menjadi hak Anda. Biasanya Anda akan memperoleh travelling bag dengan logo biro travel yang dapat Anda manfaatkan untuk membawa perlengkapan umroh dan selama tinggal di sana. Namun bila ternyata tidak mencukupi, Anda dapat membawa travelling bag milik Anda sendiri sebagai tambahan.

Tentang baju seragam, berupa bahan pakaian, meski tidak semua biro travel menyediakan, Anda akan diberitahu bila memang mendapatkannya. Lumayan dapat mengurangi bawaan baju untuk ganti, karena pihak travel juga mewajibkan baju tersebut digunakan saat aktifitas bersama di luar seperti city tour dan kegiatan berkumpul bersama agar memudahkan identifikasi jamaah.

Untuk sandal, Anda tidak perlu memakai sandal yang mahal terutama bila ingin Anda pakai saat beribadah di Masjidil Haram. Karena rak penempatan sandal di sana jumlahnya terbatas, ada baiknya Anda juga membawa sandal jepit murah meriah dan menempatkannya dalam tas plastik yang dapat Anda taruh di sekitar Anda saat sholat.

Untuk oleh-oleh umroh, bila tidak memungkinkan untuk membeli di Tanah Suci, Anda dapat membelinya di grosir toko perlengkapan umroh.  Di sana dijual bermacam barang khas Arab Saudi seperti tasbih, sajadah khas Arab, kurma, pashmina, kacang Arab, parfum dan lain-lain.

Kesimpulan mengenai Perlengkapan Umroh

Demikian informasi dan daftar perlengkapan umroh yang perlu Anda ketahui dan siapkan selengkap-lengkapnya agar perjalanan umroh Anda nyaman tidak terkendala apapun.

Pastikan apa saja perlengkapan umroh yang Anda dapat dari travel sehingga Anda dapat menyiapkan perlengkapan lainnya yang belum ada sebelum hari keberangkatan umroh Anda.

Semoga bermanfaat dan Anda beserta keluarga kembali ke tanah air dengan membawa umroh yang mabruuk. Aamiin Yaa Rabbal ‘aalamiin.

Tempat Miqot Umroh
Perbedaan Umrah dan Haji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *