Kuota haji tahun 2014 berkurang 40 persen

Jakarta (ANTARA News) – Dirjen Haji dan Umroh Kementerian Agama, Anggito Abimanyu, mengatakan akumulasi pengurangan jumlah jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci tahun 2014 ini adalah 40 persen.
“Tahun ini dipotong 20 persen. Kalau diakumulasi iya (40 persen),” kata Anggito saat ditemui di peluncuran dua lagu miliknya di Islamic Book Fair, Senayan, Jumat sore ini.
Kuota jamaah haji asal Indonesia tahun lalu dipotong 20 persen akibat renovasi.  kompleks Masjidil Haram, termasuk lokasi thawaf. Tahun ini, pemerintah Arab Saudi kembali mengurangi kuota jamaah haji Indonesia sebanyak 20 persen.
Anggito mengatakan 20 persen jamaah haji yang dipotong tahun lalu akan diberangkatkan tahun ini. Bila diakumulasi, kuota jamaah haji tahun ini berkurang 40 persen karena 20 persen untuk memberangkatkan kuota haji tahun lalu.
Menurutnya, pemotongan akan dilakukan berdasarkan nomor urut. Jumlah persentase pengurangan jamaah haji di tiap daerah pun menurutnya belum tentu sama.
Setelah dikurangi 40 persen, Anggito mengatakan kuota haji tahun ini adalah 155.200 orang untuk haji reguler dan 13.600 orang haji khusus.(*)
Sumber : Antaranews

Editor: Ruslan Burhani

Jamaah Haji 2014 Akan Diangkut Airbus A380