Memilih Waktu Umrah berdasarkan Cuaca Arab Saudi

Umrah adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Pelaksanaannya hampir sama dengan ibadah haji. Perbedaan umrah dengan haji hanya pada waktunya. Umrah bisa dilaksanakan kapan saja, kecuali pada hari Arafah tanggal 10 Dzulhijah dan hari-hari Tasyrik tanggal 11,12,13 Dzulhijah dan bila dilakukan saat bulan Ramadhan, pahalanya sama dengan melakukan ibadah haji, sedangkan haji hanya dapat dilaksanakan pada waktu tertentu, yaitu tanggal 8-12 Dzulhijah.

Walaupun umrah bisa dilakukan kapan saja, namun alangkah baiknya Anda tetap harus memperhatikan kapan Anda akan berangkat dengan mengingat bahwa di Mekkah dan Madinah mempunyai 2 musim yang kontras, yaitu Musim panas terjadi pada bulan Maret hingga Agustus, sedangkan Musim dingin akan terjadi pada bulan September hingga Maret. Maka dari itu, Anda harus merencanakan dengan seksama termasuk kondisi Anda sebelum melakukan ibadah umroh.

Bila ingin ibadah umroh Anda aman dan nyaman maka berangkatlah di bulan Maret-Mei karena cuaca di bulan ini lebih sejuk dan bersahabat. Pada saat seperti ini akan memasuki musim panas, maka siapkan baju yang cerah agar memantulkan cahaya matahari dan siapkan juga baju yang dapat menyerap keringat Anda. Jika Anda berangkat pada bulan liburan, seperti pada bulan Juni-Agustus, maka persiapkan kondisi yang fit dan uang yang cukup. Pada bulan seperti ini, harga akan lebih tinggi dari bulan biasanya dan orang yang berkumpul untuk ibadah umrah pun akan semakin banyak.

 

Alamat Kantor Kesehatan Pelabuhan
Tempat Miqot Umroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *