Waspada Wabah Kolera di Tanah Suci, Bagaimana Bila Tertular?

Negara Yaman yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi, saat ini tengah mengalami wabah kolera alias muntaber (muntah dan berak). Diharapkan seluruh calon jamaah haji bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, drg Oscar Primadi menjelaskan, penyakit kolera bisa dihindari. Namun bagaimana jika sudah terpapar penyakit tersebut?

“Harus segera berobat untuk diberi cairan. Sebab, bila tidak segera berobat dan diberi cairan, dapat meninggal karena kekurangan cairan (dehidrasi),” ujar Oscar dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/7/2017).

Dalam perjalanan menuju tempat berobat, lanjut Oscar, penderita dapat diberikan cairan oralit untuk pertolongan pertama, guna mencegah kekurangan cairan

Oscar mengingatkan, kuman penyakit kolera tersebar melalui tinja penderita. Penularan terjadi jika tanpa sengaja tinja penderita Kolera mencemari minuman atau makanan, yang kemudian dikonsumsi orang lain.

Hal ini dapat terjadi jika penderita kolera buang air besar sembarangan atau berdekatan dengan sumber air atau tempat pengolahan makanan,” terangnya.

Persyaratan dan Cara Membuat Paspor Baru Tahun 2017
Siapkan Embarkasi Jamaah Indonesia, Kemenag Mulai Distribusikan Stiker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *